fbpx
cara menggunakan pewangi pakaian
Tips & Review

Cara Menggunakan Pewangi Pakaian pada Mesin Cuci Front Loading

Gengs, mohon maaf nih akhir-akhir ini yang saya bahas nggak jauh-jauh dari cucian. Haha. Setelah kemarin 2 artikel berturut-turut mengulas mesin cuci, sekarang saya lanjutin, ya, tentang cara menggunakan pewangi pakaian pada mesin cuci front loading atau bukaan depan.

Jadi waktu mesin cuci kesayangan keluarga saya itu baru datang ke rumah, saya dan Hammam kan heboh banget, tuuuh. Sehari bisa berapa kali cuci baju, karena gampil banget pakai mesin cucinya tinggal pencet sudah pintar bisa sendiri. Lalu jadi mengundang perhatian Kakak Ipar, dong. Dia bingung kali ya, “Kok Si Eva nyuci melulu…” Haha. 

Akhirnya saya tawarin kalau mau cuci bedcover, bawa ke sini aja! Secara, ya, bedcover kalau dicuci beratnya jadi nambah puluhan kali lipat sampai nggak bisa dipindahin ke tabung pengering. Nah, beneran tuuuh, Kakak bawa yang namanya balmut (bantal selimut) untuk dicuci. Terus doi bingung, itu gimana caranya kalau mau ngasih pewangi nanti.

Sini yuk, saya jelasin.

Menggunakan Pewangi Pakaian pada Mesin Cuci

Sebenarnya menggunakan pewangi pakaian pada mesin cuci mudah banget. Buibu pasti banyak yang sudah tahu caranya.

Tuangkan pewangi pada air di dalam tabung mesin cuci, aduk-aduk sampai merata, lalu masukkan pakaian yang sudah dibilas. Bisa hidupkan mesin cuci selama 10-15 menit seperti sedang mencuci. Atau kalau saya biasanya rendam agak lama, kira-kira 30-60 menit. Biar wanginya nempeeel di baju.

Tapi kadang kelamaan malah jadi lupa haha. Padahal ada batas waktu maksimal, lho, kalau baca petunjuk di balik kemasan pelembut pakaian. Soal lupa sama cucian, ini juga yang akhirnya men-trigger saya untuk beli mesin cuci bukaan depan, selain modelnya yang kece kayak di drakor juga sih. Haha.

Menggunakan pewangi atau pelembut pakaian pada mesin cuci bukaan depan, lebih mudah lagi. Tinggal tuangkan cairan pewangi di dalam laci, bersebelahan dengan kompartemen deterjen. Kemudian mulai mencuci. Nanti pada menit-menit terakhir sebelum proses pengeringan pakaian, ada aliran air yang akan membantu pewangi pakaian masuk ke dalam tabung cuci. Kalau kamu pakai mesin cuci satu tabung, khususnya yang bukaan depan, nggak perlu repot lagi soal pewangi pakaian.

Masukkan pewangi pakaian di laci, perhatikan batas maksimum yang berwarna biru.

Lebih praktis, tapi memang butuh pewangi lebih banyak daripada mencuci dengan tangan atau cara pertama tadi. Kalau saya baca petunjuk di kemasan pewangi pakaian terbaru dari Molto, 1 tutup botol cairan pewangi bisa digunakan untuk 2 kg pakaian. Mungkin setara dengan 8-10 potong pakaian, ya. Sementara mencuci dengan tangan, setengah tutup botol bisa untuk mengharumkan 20 potong pakaian.

Menurut saya sama saja, sih. Pakai mesin cuci memang butuh cairan pelembut pakaian yang lebih banyak, tapi kan hemat waktu, dong. Sambil mencuci bisa mengerjakan tugas-tugas lain.

Rekomendasi Pewangi Pakaian

Semua pewangi pakaian yang dijual di supermarket rata-rata bisa digunakan untuk mencuci dengan mesin cuci. Ada yang wanginya biasa-biasa, ada juga yang wangiiii banget. Kalau saya suka dengan pelembut pakaian (bayi/anak/keluarga) yang wanginya soft tapi tahan lama. Saya juga suka dengan wangi yang fresh, misalnya wangi buah-buahan. Kalau bisa sih pakai pewangi yang bisa bertahan di segala cuaca.

Buibu ngerti lah ya kalau lagi musim hujan dan pakaian nggak kering, kadang aroma pewanginya jadi hilang dan berganti dengan bau tak sedap. Huhu. Makanya suka deg-degan saat cuaca mendung. Karena baju yang nggak wangi tuh suka bikin badmood. Apalagi kalau baju kerja untuk suami ke kantor baunya apek, duh istri merasa bersalah jadinya.

Cuaca sekarang juga nggak menentu, sering terjadi paginya cerah lalu siangan dikit mendung dan hujan. Kemarin juga gitu, saya jadi hopeless banget pasti bau apek lagi deh niiih cucian segambreng. Tadi pagi saya cium-cium, lha kok tumben masih wangi. Segar banget lagi wanginya. Ada apakah gerangan? Pewanginya merek apa?

Ini gemes banget, sih. Mereknya sih yang biasa Buibu pakai lah di rumah, tapi ini variannya baru banget launching.

pewangi pakaian
Molto Korean Strawberry wanginya fresh and sweet.

Tadaaaa… Molto Korean Strawberry menjawab permasalahan cucian yang suka bau apek karena faktor cuaca. Jadi saya tertarik banget sama claim-nya yang dapat menghilangkan 7 macam bau membandel pada pakaian, termasuk bau apek. Terus saya jadi pengin membuktikannya. Haha.

Molto Korean Strawberry Menghilangkan 7 Macam Bau Membandel

Pakaian kotor itu baunya macam-macam. Tentu, karena kita kan setiap harinya aktif terus. Ada bau membandel yang sulit banget hilang meski pakaian sudah dicuci sebersih mungkin. Apa saja sih bau membandel yang bisa dihilangkan sama Molto Korean Strawberry?

Bau apek. Seperti yang saya ceritakan tadi, cuaca yang kurang bersahabat bisa bikin pakaian kurang kering dan menimbulkan bau apek. Atau bisa juga karena bekas keringat berlebih pada pakaian yang nggak langsung dicuci. Akhirnya menimbulkan bau apek meski sudah dicuci.

Bau asap. Khususnya bagi perokok, nih. Alhamdulillah suami saya sih nggak merokok, tapi ada saja kan interaksinya dia sama teman-temannya yang mungkin merokok.

Bau amis. Biasanya kalau habis masak ikan atau daging, nih. Saya ingat betul dulu saat remaja pernah mau nangis nyuci baju Ibu yang dipakai memasak ikan bandeng. Baunya kok nggak bisa hilaaang. Huhu, stress berat!

Bau bawang. Ini juga masih ada hubungannya dengan kegiatan masak atau food preparation. Apalagi saya kalau beli bawang biasanya langsung saya kupas semua untuk kemudian disimpan di kulkas. Ya sudah, deh, habis itu bajunya jadi bau bawang.

Bau badan. Bagi yang memiliki masalah bau badan, mungkin kesulitan menghilangkan baunya dari pakaian? Akhirnya sekarang ada solusi, nih.

Bau polusi. Polusi dari kendaraan bermotor atau lingkungan sekitar, mau nggak mau pasti menempel di pakaian. Buibu yang suka antar jemput anak dan hijabnya jadi bau knalpot melulu, mana suaranya???

Bau keringat. Mau selama apa pun kita sudah mandi, kalau memang lagi banyak berkeringat pasti meresap juga itu baunya di pakaian. Apalagi anak-anak, ya, yang Masya Allah sehat dan ceria banget nggak bisa berhenti aktivitas lompat, lari, main sepeda dan lain-lain.

Pelembut Pakaian yang Lebih Wangi dari Biasanya

Kalau Buibu sering nonton K-drama, mungkin sesekali pernah mendengar bahwa Korean Strawberry sudah menjadi culture icon di Korea. Untuk produk makanan, ada sweetflavor Korean Strawberry. Bergitu pun untuk aroma wewangian, di sana sudah terkenal banget.

Molto Korean Strawberry merupakan pewangi atau pelembut pakaian yang lebih wangi hingga 7 kali lipat, dari varian Molto lainnya. Wanginya Korea banget, segar, romantis dan bikin permukaan pakaian jadi lembut. Jadi ada perasaan terbawa suasana drakor kalau mencium wanginya karena #wanginyabikinjatuhcinta.

Saya beli Molto Korean Strawberry di aplikasi minimarket, harganya Rp 16.900 untuk kemasan pouch ukuran 680 ml. Kalau Buibu mau beli yang versi sachet ukuran 9ml juga ada, harganya Rp 500 per sachet. Ada promo beli 12 sachet gratis 1 sachet.

Kalau mau beli di marketplace juga ada, ya, Gengs. Search aja pakai keyword pewangi pakaian Korea, nanti pasti langsung muncul produknya. Jangan kaget kalau bakalan tampil juga produk Rinso Bubuk Korean Strawberry, Superpell Korean Strawberry dan Sunlight Korean Strawberry. Karena memang Unilever mengeluarkan varian ini untuk berbagai produk. Uwow!

Produk Unilever Varian Korean Strawberry

Karena saya biasa pakai deterjen merek lain dan Sunlight baru saja beli yang jeruk nipis ukuran besar, jadi yang paling mau saya cobain berikutnya adalah Superpell Korean Strawberry. Kalau saya baca-baca di kemasannya, Superpel wanginya bisa tahan hingga 8 jam, lho. Sudah pun bersih, wangi Korean Strawberry pula. Kan gemes, yaaaa :)

Bayangkan kalau mencuci baju dengan mesin cuci front loading yang modelnya minimalis, cara pakai pewanginya gampang, terus pas ngeluarin pakaian dari mesin cuci, wangi Korean Strawberry langsung menyambut hidung. Lalu seisi rumah juga wangi karena ngepelnya pakai Superpell Korean Strawberry. Aaahhh, drakor sekali hidup kita, Bubiu!

Author

dzul_rahmat@yahoo.com
Mindful Parenting Blogger || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

June 20, 2022 at 1:54 pm

ternyata jangan terlalu berlebihan yang menuangkan pewangi pakaian, sesuai aturan pakai yang ada di kemasan aja



June 20, 2022 at 2:49 pm

Molto Korean Strawberry ini mengundang perhatian lho. Kapan haris saya lihat di supermarket … ternyata menfaatnya banyak ya.



Evi
June 21, 2022 at 6:53 pm

Saya juga Mbak, kalau pakai pewangi dan pelembut, merasa kurang sreg kalau gak direndam dulu. Biar lebih nyerep wanginya dan serat benang kain lebih lembut. Tapi emang ya gitu deh, suka lupa.

Nah ya menggunakan pewangi dengan mesin cuci emang lebih boros dikit, tapi hemat di tenaga. Saya sih milih yang kedua aja :)



June 21, 2022 at 7:35 pm

Wah, naksir mesin cuci dan laundry roomnya. Varian Korean Strawberry ini menggoda banget, deh. Kebayang wanginya tuh segar manis strawberry.



June 21, 2022 at 8:27 pm

Serba wangi korean strawberry ya. Jadi lucu gitu serumah2 wangi aroma stoberi korea. Hihii.. jadi penasaran sama produknya



June 21, 2022 at 9:15 pm

Makin penasaran ama Molto Strawberry ini. Besok beneran aku beli deh. Btw moltonya ini bisa untuk sekali bilas itu nggak? Aku biasanya pakai penwangi dan pelembut sekali bilas biar hemat air sih. Hehehe



June 22, 2022 at 9:49 am

Mau bangettt coba yg varian ini
Pastinya bisa hempasss aroma² yg tidak enak ya

Baju makin harum elegan wangiiii bgt



June 22, 2022 at 10:22 am

Berasa kecium aroma molto Korean strawberynya Mam.

Setuju, make mesin cuci emang lebih boros, tapi hemat waktu. Bisa kita tinggal buat update blog dan sosmed.



June 22, 2022 at 2:44 pm

hasekk pewangi pakaian kita samaan… molto korean strawberry yang wanginya manis menyenangkan. di rumahku mesin cucinya bukaan atas. moga suatu saat bisa kesampean punya mesin cuci bukaan depan, aamiin



June 22, 2022 at 2:56 pm

Aku sebagai pengguna Molto rasanya harus mencoba ini si wangi barunya, kira-kira kalau sudah pakai Molto Korean Strawberry ini kayak lagi kencan sama Seo In Guk gak ya? Hahahahaa….



June 22, 2022 at 3:14 pm

Keren semuanya varian Korean Strawberry ini lengkap ya mulai pembersih lantai, pencuci dan pewangi pakaian sampai pencuci piring
Aduh ga sabar pengen segera mencoba varian baru ini. Secara saya juga pakai produk Molto lho



June 22, 2022 at 4:49 pm

Molto Korean Strawberry emang bikin wangi ya aku juga tertarik mau nyobain apalagi baju yang wnagi emang bisa bikin mood makin happy ya



June 22, 2022 at 4:55 pm

Abis masak ikan emang bikin baju jadi bau amis deh, kalau pakai pewangi pas nyuci jadi bisa hilang ya, emang perlu banget ya kita menjaga penampilan agar tidak bau kalau abis masak.



June 22, 2022 at 4:56 pm

Mesin cucinya praktis dan pewwangi dan pelembutnya manis dan menyegarkan, Molto Korean Strawberry. Pas ini. Enggak heran jadi rajin nyuci. Memang sih kalau pakai mesin Moltonya butuh lebih banyak tapi gapapa sepadan dengan kemudahan yang kita dapatkan



June 22, 2022 at 9:34 pm

Karena dengar cerita teman tentang Molto Strawberry ini, saya pun jadi penasaran pengen pakai juga. Sayangnya belum ketemu nih di minimarket sekitar sini. Pengen coba cek di toko online aja ah nanti.



June 22, 2022 at 9:38 pm

Cucok niiih… Anak-anakku tuh “bujang-bujang” yang bau keringetnya ampuuun deh. Makanya mencuci dengan pewangi dan pelembut pakaian is a must, biar bau badan mereka ketolong sama wangi bajunya, hihihi…. Aku jadi pengen nyobain Molto dan Rinso dengan wangi Korean Strawberry ini…



June 22, 2022 at 10:37 pm

Waah…semakin rajin nyuci dengan mesin cuci baru dan juga pewangi baruuu. Aku malah jadi pemasaran bgttt sama sunlightnya, lho. Secara, aku hobi cuci piring. :D



June 22, 2022 at 10:55 pm

Mupeeng dengan mesin cucinya, pandemi kmrn juga di beliin mesin cuci baru, buat susu adik bayi.

Molto korean strawberry supaya endorsenya rame juga



June 22, 2022 at 11:16 pm

aku harapan banget pengen punya front loading ini soale memang enak ya bisa liat pakaian muter2 wkwkwk
tapi kalau pakai ini lebih praktis memang mak, apalagi kalau pakai molto bikin wangi sepanjang hariii aku baru pengen nyoba ini belum ada jual molto baru di kotaku



June 23, 2022 at 12:06 am

Molto ini pasti bikin seger baju ya mba, harus cobain juga nih Molto Strawberry ini



June 23, 2022 at 5:39 pm

Selamat ya punya mesin cuci front loading he he he
akhirnya punya mesin cuci impian!

Eh, janga salaaah Efa, itu impian semua IRT loh! Aku juga pengen banget dan pengeeen juga punya pengering yang canggih itu

pake Molto strobery pula ya, jadi tambah wangi dan lembut pakaiannya!



June 24, 2022 at 3:24 pm

Jadi penasaran nih sama wangi Korean strawberry nya. Pastinya wanginya segar ya mbak kayak buah strawberry



June 26, 2022 at 10:01 am

Pewangi baju sekarang seperti salah satu barang wajib untuk mencuci. Aku udh coba wangi Korean Strawberry nya nempel banget di baju



June 27, 2022 at 1:10 am

Aku dari dulu sering pake Molto sebagai pelembut pakaian tapi baru tau banget nih ternyata ada varian baru dengan aroma strawberry. Abis ini beneran harus segera cuss ke supermarket untuk beli varian ini!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *