fbpx
pengobatan skoliosis
Health

Edukasi Kesehatan Penanganan dan Pengobatan Skoliosis RS Premier Bintaro

Sudah lama, nih, Aifalogy nggak ngebahas tema kesehatan. Now it’s the time, mau ngomongin penanganan Skoliosis. Simak sampai selesai, ya. Hari ini kamu akan ter-“ooooh” sama kenyataan bahwa apa yang dulu pernah kita percayai rupanya hanyalah mitos!

Dulu saya nggak tahu apa itu Skoliosis. Yang jelas posisi duduk yang benar adalah sebuah keharusan. Kalau nggak, nanti badannya bakalan bungkuk atau tulang belakangnya akan bengkok. Begitu kira-kira orang zaman dahulu menakut-nakuti saya. Atau, sebenarnya bukan mau bikin parno, sih, tapi memang orang dulu belum teredukasi dengan baik apa itu Skoliosis, apa penyebabnya, bagaimana penanganan Skoliosis yang benar dan sebagainya.

Saya sendiri juga hampir meyakini anggapan tersebut, kalau saja nggak mengikuti Healthy Talk yang diadakan di RS Premier Bintaro minggu lalu. 

mitos fakta skoliosis

Penyebab Skoliosis

Dalam dunia medis, kelainan tulang belakang disebut Skoliosis. Ditandai dengan miringnya tulang belakang ke arah samping, ditambah adanya rotasi pada tulang belakang. Jadi bukan hanya bentuk tulang belakang menyerupai huruf S, tapi juga ada bagian tulang yang berputar.

Skoliosis bisa dialami oleh siapa saja, terutama perempuan usia remaja. Sering kali penyakit ini nggak diketahui penyebabnya, makanya disebut dengan Idiopatik atau kondisi medis yang belum dapat terungkap jelas penyebabnya.

Ada juga penyebab lain yang bisa diketahui yaitu karena adanya gangguan fungsi saraf dan kelainan otot (Neuromuscular). Skoliosis juga bisa terjadi karena Congenital atau kelainan bawaan, di mana ada bagian tulang belakang yang tidak terbentuk sempurna saat perkembangan janin di dalam kandungan.

Ada lagi kah penyebabnya? Menurut dr. Asrafi Rizki Gatam, SpOK (K-Spine) dari Spine Center RS Premier Bintaro, hanya itu saja penyebab Skoliosis. Selebihnya, jika pernah mendengar postur yang salah, sering angkat beban berat sebagai penyebab Skoliosis, itulah dia mitos yang tadi saya sebutkan di awal.

penyebab skoliosis

Gejala Skoliosis

Sering merasa pegal pada punggung atau pinggang? Bisa jadi ini adalah gejala dari Skoliosis. Tapi jangan berburuk sangka dulu, siapa tahu kita mah pegalnya karena cucian lagi banyak aja. Hehe.

Umumnya Skoliosis nggak ada gejala, ya, Gengs. Karena sebenarnya Skoliosis juga nggak menyebabkan rasa nyeri. Jadi kalau ada rasa-rasa nyeri punggung, belum tentu itu Skoliosis. Bisa jadi itu merupakan gangguan lain pada tulang belakang. Saya pernah nulis nih tentang Wanita dan Nyeri Tulang Belakang. Silakan di baca, ya, ini juga penting untuk diketahui, Buibu.

Karena nggak ada gejala, banyak banget kasus Skoliosis yang diketahui secara nggak sengaja. Seperti saudaranya teman saya, Bunda Elisa Koraag, yang ketahuan mengalami Skoliosis saat mengukur baju seragam. Penjahit bajunya yang menyadari hal tersebut. 

Postur tubuh seseorang yang mengalami Skoliosis akan terlihat nggak simetris pada bahunya, terdapat punuk di punggung, juga payudara yang terlihat lebih besar sebelah. Kalau ada tanda-tanda seperti ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter spesialis ortopedi tulang belakang. 

Atau bagi yang ingin diagnosis dini supaya nggak terlambat, bisa melakukan pemeriksaan rutin. Bagi anak perempuan periksa di usia 10-12 tahun dan anak laki-laki di usia 12-13 tahun. Karena pada usia ini terjadi pertumbuhan yang signifikan pada anak.

Dokter ortopedi – Spine di RS Premier Bintaro, selain dr. Asrafi Lutfi Gatam Sp.OT, ada juga dr. Lutfi Gatam, Sp.OT (K-Spine), dr. Sapto Ajiantoro, Sp.OT, dan dr. Omar Luthfi, Sp.OT. 

penyebab skoliosis

Skoliosis dan Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Ada lagi nih, mitos Skoliosis yang sering banget kita dengar. Bahwa orang dengan Skoliosis nggak disarankan olahraga atau cuma bisa olahraga berenang saja untuk mengurangi bahkan menyembuhkan kelainan tulang belakang.

Nggak, ya, Gengs. Tujuan berenang bukan untuk menyembuhkan Skoliosis.

Seseorang dengan Skoliosis bisa melakukan aktivitas apa saja, bahkan olahraga berat. dr. Asrafi ngasih contoh seorang atlet lari jarak dekat asal Jamaika, pemegang rekor dunia, Usain Bolt. Ternyata dia punya Skoliosis, lho.

Pengobatan Skoliosis RS Premier Bintaro

Kalau melihat infografis di atas, ternyata Skoliosis nggak bisa dicegah, nggak juga bisa disembuhkan dengan manipulasi spine atau fisioterapi. 

Pengobatan Skoliosis yang direkomendasikan adalah 3 “O”, yaitu : Observasi, Orthosis dan Operasi.

Observasi sudut Skoliosis, jika masih kurang dari 30 derajat maka yang harus dilakukan adalah latihan fisik. Orthosis (brace) untuk yang sudutnya antara 30-40 derajat. Brace adalah semacam korset khusus yang bahannya kaku, untuk menopang tulang belakang, digunakan sepanjang hari (23 jam dalam 1 hari). 

Sementara Operasi untuk Skoliosis dengan sudut yang melebihi 40 derajat. Operasi perlu dilakukan jika pasien merasakan nyeri hebat, ada ketidakseimbangan tulang belakang, atau karena penggunaan Brace tidak mampu mengurangi lengkung tulang belakang.

dr. Asrafi mengatakan tujuan dari pengobatan Skoliosis adalah untuk menghambat perburukan kelengkungan tulang belakang dan memperbaiki tulang belakang. Selain itu tujuannya bisa juga untuk menjaga keseimbangan tulang belakang, mengurangi nyeri dan tujuan kosmetik (koreksi terhadap Skoliosis).

Operasi Skoliosis bisa dilakukan dengan aman, menggunakan meja operasi khusus yang bisa diatur posisinya sedemikian rupa, menyesuaikan dengan kenyamanan pasien.

Kalau saya perhatikan, bukan di Spine Center (Pusat Layanan Ortopedi Tulang Belakang) saja yang pelayanannya senyaman itu. Pada pusat layanan lain, RS Premier Bintaro juga sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pasien. Sudah pun rumah sakitnya besar, bersih, estetik, petugasnya ramah-ramah pula.

Excellent Center RS Premier Bintaro

Saya dan teman-teman blogger yang hadir pada acara Healthy Talk “Mitos, Fakta dan Penanganan Idiopatik Skilosis”, sempat diajak hospital tour untuk perkenalan fasilitas rumah sakit kebanggan warga Bintaro ini. Rasanya kayak lagi di dalam drama Hospital Playlist mungkin, ya. Atau Doctor Romantic. Haha.

Jadi RS Premier Bintaro memiliki Excellent Center atau Layanan Unggulan, yang terdiri dari : Spine Center, Vascular Center, Sport Center, Stroke Center dan Skin & Laser Clinic.

Sejak pertama berdiri tahun 1998, rumah sakit yang awalnya bernama RS Internasional Bintaro ini memang sudah terkenal di bidang ortopedi. Sekarang makin berkembang dan menggunakan peralatan terbaru dan canggih.

Setiap layanan unggulan yang saya sebutkan tadi, memiliki tim medis yang terdiri dari berbagai dokter spesialis. Misalnya di Stroke Center yang baru dibuka pada tanggal 10 Januari 2022, bukan hanya dokter saraf saja yang bertanggung jawab. Melainkan ada dokter UGD dan dokter radiologi juga bergabung untuk pelayanan dan pengobatan yang menyeluruh. 

Begitu juga dengan unit Skin and Laser Clinic. Meskipun identik dengan klinik kecantikan, unit ini memiliki tim dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter THT dan juga Obgyn. Lho, kok bisa? Bisa banget. Karena Skin and Laser Clinic menggunakan teknologi laser termutakhir bernama Fotona Laser, yang fokusnya bukan hanya pada perawatan kulit saja. Tetapi Fotona Laser bisa juga diaplikasikan pada bagian tenggorokan (jika ada keluhan mengorok) dan urologi (urinari dan sistem reproduktif). 

Selain unit-unit layanan tadi, bagi saya setiap sudut RS Premier Bintaro adalah tempat yang nyaman, baik untuk pasien, pendamping, maupun pengunjung lain. 

Radioalogy MRI Tesla 3

Satu lagi yang menarik perhatian banget saat hospital tour. Di unit Radiology, ada alat MRI dengan teknologi Tesla 3. Selama ini saya tahunya Tesla itu mobil saja, ternyata dalam dunia medis teknologinya bisa digunakan untuk membantu identifikasi penyakit melalui pemindaian organ tubuh. 

Selain itu, RS Premier Bintaro memiliki alat bernama 16 Channel Hand Wrist Coil, yang saat ini merupakan satu-satunya di Indonesia. Gunanya untuk pemindaian pergelangan tangan, agar hasil pemindaian yang didapatkan lebih jelas dan akurat, tanpa harus menggunakan zat kontras. 

Ada juga coil berbentuk selimut yang terdiri dari ukuran S, M dan L. Gunanya sama dengan Hand Wrist Coil, tetapi untuk bagian tubuh yang lain, bagi pasien yang kesulitan terlentang di dalam MRI. Keren, kaaaan?

Kalian bisa cek websitenya RS Premier Bintaro  untuk informasi pendaftaran pasien, dokter spesialis dan fasilitas lainnya, ya. 

Edukasi kesehatan sambil hospital tour begini seru banget. Bikin saya banyak belajar dan tambah pengetahuan. Kalau tulisan ini juga bermanfaat buat kamu, jangan lupa share ke teman-temannya, ya, Gengs. Supaya makin banyak yang tahu tentang mitos dan fakto Skoliosis.

Terima kasih RS Premier Bintaro atas undangan dan edukasinya. See you on next Healthy Talk :)

Author

dzul_rahmat@yahoo.com
Mindful Parenting Blogger || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

June 16, 2022 at 12:06 pm

Wah nambah pengetahuan baru lagi nih tentang skoliosis. Hanya mitos saja ya salah posisi misal duduk membungkuk bisa menyebabkan skoliosis. Ternyata ada banyak faktor juga yang bisa menjadi penyebab skoliosis. Harus cepat2 diperiksakan sejak dini ya sebelum skoliosis makin parah dan biar bisa cepat ditangani juga.



June 16, 2022 at 4:51 pm

baca review mba ini aku jadi terpaparkan dengan baik tentang skoliosis, mitos faktar terkait skoliosis hingga pengobatannya



June 16, 2022 at 8:17 pm

Oh gitu ya, aku baru tahu kalau sakit Skoliosis itu nggak terasa di badan. Temanku juga punya sakit Skoliosis, nggak sampai di operasi hanya terapi saja.
Solusi banget ini kalo sakit Skoliosis bisa berobat ke RS Premiere Bintaro



June 16, 2022 at 9:35 pm

Ternyata mitos ya yang dulu disampaikan kepada kita mengenai posisi duduk dll itu. Rupanya skoliosis ini perlujuga diperhatikan sejak dini pada anak ya karena bisa terjadi pada siapa saja, bahkan atlet sekali pun.



June 17, 2022 at 10:44 am

RS Premier Bintaro ini kualitasnya bagus ya, fasilitasnya lengkap, pelayanannnya juga oke. Rekomended nih buat pengobatan skoliosis di sini



Evi
June 17, 2022 at 11:59 am

Lokasi rumah sakitnya strategis. Fasilitas dan semua peralatan nya canggih. Semoga untuk teman-teman yang membutuhkan bantuan dalam perawatan skoliosis, rumah sakit premier Bintaro bisa membantu ya. Kalau sudah lihat alat canggihnya, terus tenaga dokter yang ahli, harapan sembuh kita pun langsung meningkat beberapa level



June 17, 2022 at 6:49 pm

Ih seneng banget yaa ada pengetahuan ini. Aku kayanya butuh banyak tahu tentang skoliosis karena sering backpain, tapi ternyata bukan karena salah duduk ya ini tuh… apakah backpain ku hanya karena faktor U? huhuhu.



June 17, 2022 at 9:55 pm

Kebetulan aku memiliki keluhan tulang punggung bawah yang berbelok sedikit ke kiri atau kanan (lupa) hehe. Sudah 3x kambuh dan bisa ngesot duuh nyerinya bukan main. Mesti coba kontrol ke dokter ortopedi di RS. Premier Bintaro nih. Fasilitas dan pelayanannya baik sekali dan lengkap ya.



June 17, 2022 at 11:08 pm

Aku ada temen yg mengalami skoliosis tapi syukurnya dia hanya perlu pakai brace mba. Tapi memang ga bisa dianggab sepele ya skoliosis ini. Apalagi yg udah parah lengkungannya. Baru tahu bisa menyebabkan sakit yg berasa banget. Aku kira hanya sekedar postur yg jadi kurang bagus



June 17, 2022 at 11:21 pm

Takjub. Rumah Sakit Premier Bintaro sangat lengkap dan beneran berkelas internasional ya. Selain bisa menyediakan fasilitas pengobatan juga selalu memberikan edukasi penting untuk keluarga. Beneran takjub



June 18, 2022 at 7:03 am

Ohh Skoliosis nggak bisa dicegah dan ngga bisa disembuhkan lewat fisioterapi ya. Waduh gejalanya salah satunya payudara besar sebelah? Kirain ini mah normal yah. Harus lebih rajin observasi deh



June 18, 2022 at 11:51 am

Terimakasih informasinya, penting banget nih info seputar skoliosis dan pengobatannya.



June 18, 2022 at 6:03 pm

Jadi Skoliosis ini gak ada gejala ya. Paling memang harus benar-benar merhatiin fisik seperti pundak yang berbeda tingginya. Btw, aku juga kena mitos soal kelainan tulang ini karena sering bawa beban berat



June 18, 2022 at 9:02 pm

Wah baca ini aku jadi makin tahu tentang skoliosis
Dan betapa RS Premier Bintaro ini punya fasilitas pengobatan yang lengkap ya mbak



June 18, 2022 at 9:48 pm

Wajib di catat ini, RS Premier Bintaro komplit dalam hal peralatan yang berhubungan dengan penyakit tulang.
Dengan membaca ulasan tentang Skoliosis ini kita bisa lebih waspada terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh kita ya.



June 18, 2022 at 10:28 pm

bener deh di sini itu tempat syaraf dan tulang paling bagus se jabodetabek. pas hnp aja kalau mau operasi disaranin ke sini. soale bener2 konsen ke masalah pertulandan dan syaraf
bahaya ya skoliosis itu :”( tapi percaya ama premiere bintaro emang bagus pelayanannya



June 18, 2022 at 10:40 pm

Oh, bisa gak terdeteksi kalau menderita Skoliosis yaa..
Aku pikir bisa disembuhkan hanya melalui terapi. Ternyata harus ada penanganan khusus dari dokter ahli dan salah satu rujukannya bisa di RS Premier Bintaro.



June 18, 2022 at 11:18 pm

Eh dulu aku juga mengiranya karena posisi duduk lho mbak, ternyata bukan yaaa. Waduh mtos dari mana dulu tu hehe
Eh tapi tetep emang postur duduk sebaiknya gak sembarangan kan yaaa
RS Premier Bintaro fasilitasnya lengkap ya mbak, terutama utk di bidang ortopedi, jd bisa jd jujugan nih kalau ada problem ma tulang (walau berharap sehat selalu sih), makasih infonya :D



June 20, 2022 at 5:23 am

Wah ini mengedukasi banget mb Hospital tournya. Membantu juga untuk para pasien mendapatkan informasi yang akurat tentang pengobatan skoliosis yang bagus



June 20, 2022 at 9:35 am

Beberapa teman penulis kena skoliosis karena posisi kerja yang kurang pas dan berobatnya butuh waktu lama, jadi ingat waktu sma bahuku miring karena beban ransel, sekarang Alhamdulillah udah simetris



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *