fbpx
Cerita Ramadhan / Travel & Culinary

Fuyunghai Menu Praktis untuk Buka Puasa

Selama bulan Ramadhan pasti ada saja kejadian nggak sempat masak. Karena kesiangan sahur, atau sibuk sepanjang hari sehingga nggak bisa masak yang terlalu heboh di sore hari. Kalau sudah begini pasti kita akan cari menu praktis untuk buka puasa. Baik itu praktis secara persiapan bahan makanan, maupun praktis memasaknya.

Yang terjadi sama saya sebenarnya sungguh kocak sekaligus bikin geleng kepala. Jadi beberapa hari yang lalu saya mau coba resep ayam dengan bumbu kari. Bumbunya ini bumbu jadi dari House Kari Ala Jepang yang baru pertama kali saya ingin coba. Pada bilang kalau pakai bumbu ini masak tuh jadi cepat banget dan secara rasa pun enak.

Sebelum masak saya siapkan dulu bahan-bahannya. Sayuran dan ayam sudah saya cuci, nanti setelah sholat Ashar bisa langsung eksekusi. Nah begitu waktunya masak, saya menemukan ayam fillet 400 gram yang sudah saya siapkan, hilang entah ke mana. Hanya ada mangkuknya saja yang sudah kosong. Lho, kok bisaaaa???? 

Sementara itu ada kucing liar yang ketahuan sedang makan potongan besar ayam mentah di belakang rumah. Hahaha… Sungguh terlalu!!!

Akhirnya saya bingung kan mau masak apa. Karena paginya nggak belanja yang lain, memang sudah niat mau masak ayam. Di kulkas adanya telur, beberapa ekor udang dan sayuran. Ya sudah, saya coba masak Fuyunghai, deh. Saya belum pernah masak ini sebenarnya, tapi kalau lihat dari resepnya kayak gampang, tinggal campurin semua bahan aja.

Resep Fuyunghai

Telur 3 butir, kocok

Kol secukupnya, iris tipis

Wortel 1 batang, potong kecil-kecil

Udang 6 ekor, kupas dan cincang kasar

Daun bawang 1 batang, iris halus

Bawang bombai 1/2 buah, iris agak kasar

Campurkan semua bahan, lalu masak dengan minyak goreng secukupnya di teflon, sampai matang sisi bawah dan atasnya.

Bumbu Kari 

Bawang bombay 1/2 buah, iris

Tumis bawang bombai hingga harum

Tambahkan air 150 ml, tunggu sampai mendidih

Tambahkan 1 blok House Kari Ala Jepang Spicy

Aduk hingga mengental dan siap disajikan

menu praktis buka puasa
Hiyaaa fotonya sama dengan postingan sebelumnya. Haha. Maaf yaaak! Tapi memang ini hasil masakannya.

Surprisingly, rasanya jadi unik, lho, ketika Fuyunghai yang aslinya dari Tiongkok, dipadukan dengan saus kari yang merupakan bumbu khas Jepang. Suami juga cukup kaget saya bisa bisa masak kari seenak itu, nggak tahunya saya pakai bumbu jadi. Hihi.

Dan kemarin saya lihat Mbak Ajeng posting resep kari ayam di instagramnya, dia pakai bumbu kari yang sama dengan saya. Akhirnya hari ini saya bisa masak ayam kari, setelah kemarin tertunda. Alhamdulillah, masih dikasih kesempatan.

Untuk ayam kari, masaknya simple banget. Tinggal siapkan ayam (saya pakai ayam potongan paha), bawang bombai diiris kasar, wortel dan kentang dipotong ukuran sedang. Tumis bawang bombai, masukkan ayam dan sayuran, tambahkan air secukupnya, lalu masukkan House Kari Ala Jepang. Bisa yang rasa original maupun spicy, sesuai selera.

Ini masaknya cepat banget, sampai-sampai jam 4 sore tadi saya sudah bisa santai. Ya Allah, jarang banget terjadi. Sungguh memudahkan hidup :)

Ok, deh. Selamat masak untuk keluarga, ya, Buibu…. Terima kasih sudah mampir lagi di blog ini. Kalau ada ide menu praktis untuk buka puasa, boleh dong share di kolom komentar, supaya pembaca lain yang lagi buntu mau masak apa, bisa terbantu.

Baca juga : Ngabuburit Sambil Belanja Baju Lebaran di Bintaro

Author

dzul_rahmat@yahoo.com
Mindful Parenting Blogger || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *