fbpx
Recipe / Tips & Review

Masak Praktis dengan Tiara Pot Pro, Bonus Resep dari Chef Steby

Good evening, Buibu. Jam segini biasanya semua orang rumah udah pada tidur, tinggal Buibu yang dalam pikirannya masih sibuk merencanakan hari esok. “Masak apa, ya, buat bekal?” Haha. Baiklah, sebelum tidur mungkin Buibu mau baca review alat masak Tiara Pot Pro dari Polytron? Biar perasaan tenang, karena punya harapan akan proses memasak yang mudah, cepat, praktis dan menyenangkan kalau bisa punya alat tempur yang satu ini.

FYI, saya nulis ini sekalian buat jadi proposal yang akan saya ajukan ke Papinya Hammam supaya mendapatkan restu untuk membeli Tiara Pot Pro. LOL

Sejak tahun ajaran baru ini, sekolah Hammam sudah fulltime dan harus bawa bekal makan siang. Kalau mau yang praktis sebenarnya ada catering di sekolah. Tapi Hammam nggak mau. Katanya, “Mau yang dimasakin Mami aja.” Akhirnya saya mulai bikin meal plan secara mingguan dan berusaha disiplin sama rencana yang saya buat. So far berjalan lancar, sih. Dari sisi pengeluaran pun jauh lebih hemat. Cuma, memang rasanya agak berat, ya, untuk masak sepagi ituuu. Haha.

Makanya saya jadi mempertimbangkan untuk punya alat masak yang canggih. Kalau bisa satu alat ini bisa bantuin saya masak macam-macam menu gitu, lah. Karena suka bosan ya kalau menunya itu-itu lagi. Ya, gimana, mau menu yang agak berbeda kok ya masaknya lama banget, kudu siapin dari jam berapa, coba?

Polytron Cooking Class with Chef Steby

Jangan tanya gimana excited-nya saya waktu dihubungi oleh salah satu Makmin dari KEB (Kumpulan Emak Blogger) untuk hadir dalam acara  Cooking Class bersama Chef Steby, yang diselenggarakan oleh Polytron, bekerja sama dengan Farmers Market dan Blibli. Selain ingin belajar masak, saya juga penasaran banget dengan perangkat masak yang akan didemokan.

Pada Cooking Class yang diadakan di Farmers Market Summarecon Mall Serpong, tanggal 25 September 2022 ini, Chef Steby memasak Rice Cooker Pancake, yaitu pancake yang dimasak dengan Rice Cooker Donabe. Dan Semur Lidah Sapi yang dimasak menggunakan Tiara Pot Pro.

Begitu acara dimulai, Chef Steby langsung menyalakan Rice Cooker Donabe. Sambil menunggu panas, Chef mencampurkan bahan-bahan untuk pancake, yang terdiri dari tepung terigu protein rendah, susu segar, gula pasir, baking powder, vanilla essence, telur dan ragi.

Semua bahan dicampur hingga menjadi adonan kental lalu tuang adonan ke dalam pan rice cooker. Berikut ini adalah resep dan cara masaknya, ya, Buibu.

Hasilnya cantik banget, nggak ada gosong sama sekali dan juga nggak lengket di rice cooker pan-nya. Pancake ini dibuat cukup tebal, tapi tingkat kematangannya sempurna sampai bagian terdalam, karena Rice Cooker Donabe memiliki teknologi DONAHEAT 3D yang mampu memanaskan dari 3 arah. 

Masalah yang sering kita hadapi kan pancake yang agak tebal itu bagian atasnya belum matang, tapi bawahnya sudah mendekati gosong, ya? Beda ceritanya kalau pakai Donabe ini. Saya sempat bertanya kepada chef, apakah alat ini bisa juga untuk membuat martabak? Chef menjawab, “Bisa saja asal saat membuat adonan gulanya tidak mengembang.” Karena dengan adonan yang mengambang hasilnya akan kempes ketika makanan matang.

Rasanya legit dan lembut banget, meski bagi saya kurang rasa manisnya. Tapi itu bisa disiasati dengan pelengkap madu dan icing sugar-nya. Beneran nggak nyangka pancake ini dibuat menggunakan sebuah rice cooker, yang selama ini saya kira fungsinya hanya untuk masak nasi atau bubur.

Lanjut ke resep kedua, ya, Buibu. Yaitu Semur Lidah Sapi. Aseli, ya, saya tuh belum pernah sama sekali makan lidah sapi. Nggak kebayang rasanya akan gimana. Haha. Ternyata ukuran lidah sapi itu besar dan tebal banget, ya. Sebelumnya Chef Steby sudah mem-presto bahan yang satu ini menggunakan Tiara Pot Pro selama 30 menit.

Setelah proses presto selesai, lidah sapi diangkat dan dibersihkan bagian kulit yang berwarna putihnya. Langsung lanjut lagi menumis bumbu semur. And guess what? Menumisnya masih pakai Tiara Pot Pro. Tinggal dibuang saja air rebusan lidah sapinya, terus tekan mode menumis pada panel control yang ada di depan Pot. Amaziiing, ini praktis banget, sih.

Coba aja Buibu kalau masak semur, berapa banyak peralatan yang harus dicuci? Haha. Tiara Pot Pro sungguh memudahkan hidup, yes.

Berikut ini resep dan cara masak Semur Lidah Sapi A la Chef Steby.

Duh, deg-degan nih mau nyobain semur lidah sapi for the first time. Saya dapat sepotong lidah sapi dengan kuah kental beserta sepotong kentang dan wortel. Lidah sapinya empuuuuk, Buibu. Gampang banget dipotong dan serasa lumer di mulut, tapi teksturnya masih oke. Bumbu kuahnya yang sedap itu pun meresap banget ke lidah sapinya.

Saya kan jadi mau juga bisa masak semur yang sepraktis ini. Kata Chef Steby, kalau pakai cara tradisional masak lidah sapi sampai empuk itu bisa 3 jam. Tapi dengan Tiara Pot Pro waktunya dipangkas habis-habisan, cukup dengan 30 menit saja untuk presto dan proses menumis bumbu sampai merebus sekitar 15 menit. Gimana, Buibu jadi tertarik juga, nggak?

Rice Cooker Donabe

Pertama kali yang saya perhatikan dari Rice Cooker Donabe adalah tampilannya. Egronomis, warnanya putih estetik. Cocok banget untuk dapur-dapur kekinian. Meskipun kalau diletakkan di dapur saya yang biasa aja pun akan tetap cantik, sih. 

Hasil memasak nasinya setara dengan nasi Jepang, karena proses pemanasan yang merata dengan teknologi Donaheat 3D, menjadikan nasinya pulen. 

Jangan khawatir soal pancinya yang dilapisi dengan ceramic food grade dan aman untuk digunakan sehari-hari. Kapasitasnya juga besar, jadi bisa masak sampai 2 liter beras sekaligus. Kalau nasinya nggak habis, bisa untuk besok. Karena dia tuh nasinya bisa tahan sampai 48 jam Tapi nasinya nggak akan berkerak. 

Fitur lain pada ricecooker Donabe adalah the defrost system yaitu Termostat yang mampu Mendeteksi mode memasak menengah dan memanaskan. Nasi yang dihasilkan dapat matang lebih merata lembut dan pulen. 

Dan satu lagi yang istimewa. Ricecooker ini bisa digunakan untuk membuat penkek, dong. Jadi bisa bikin sarapan untuk keluarga sesuatu yang berbeda. Nggak roti lagi roti lagi. 

Tiara Pot Pro

Nah, ini dia produk yang saya naksir banget. Tiara Pot ProPotP yang memiliki 12 fungsi mode memasak. Makanya alat ini bisa bantu kita memasak 70% lebih cepat dibandingkan dengan cara masak tradisional. Dengan begitu masak akan terasa lebih praktis, hemat waktu dan nggak buru-buru banget saat membuat bekal di pagi hari.

Salah satu program dalam mode masaknya adalah Presto. Dari dulu saya pengin banget punya alat presto tapi nggak tahu jenis apa yang bagusnya. Terus suka dengar cerita orang-orang, pakai alat presto itu agak tricky, jangan sampai salah membuka penutupnya. Dengan Tiara Pot Pro, ada fitur Smart Steam Release. Yaitu katup uap yang mudah ditutup dan dilepas. Saat memasak dengan tekanan tinggi, katup uap dapat menutup dengan baik. Setelah selesai memasak, katup mudah dibuka dan lebih aman saat melepaskan uapnya.

Tiara Pot Pro juga bisa digunakan untuk memasak nasi seperti halnya rice cooker. Program lainnya ada untuk menumis, mengukus, daging rebus, biji-bijian dan lain-lain. Silakan dilihat pada gambar berikut, ya.

Penampilannya kokoh banget nggak, sih? Karena terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Material pancinya meskipun terbuat dari stainless, tapi nggak lengket, lho. Terbukti setelah proses presto lidah sapi, Chef Steby nggak perlu repot mencucinya lagi.

Flexible Air Fryer

Flexible Air Fryer sebenarnya nggak didemokan hari itu. Tapi benda kecil ini cukup menarik perhatian saya, karena Air Fryer yang satu ini bisa dipasangkan dengan panci tahan panas apa pun yang memiliki ukuran 22 cm atau 24 cm. Jadi bisa disesuaikan dengan panci yang kita punya di rumah.

Kalau biasanya Air Fryer sistemnya buka tutup seperti laci, produk terbaru dari Polytron ini justru menggunakan penutup panci portable yang transparan, terbuat dari tempered glass. Jadi saat proses air frying kita bisa melihat makanannya.

Semua item yang saya sebutkan di atas harganya sedang promo, khusus di 3 Farmers Market yang ada di mall berikut :  Summarecon Mall Serpong, Margo City Depok dan Grand Wisata Tambun. Buibu bisa dapat potongan sebesar Rp 100.000 lagi kalau belanjanya di Blibli.com.

By the way, saat saya kirimkan foto Tiara Pot Pro ke suami melalui pesan Whatsapp, doi sok-sokan bilang “Gambarnya buram, Mih.” Hadeuuuh, rasanya pengin langsung saya ajak ke Farmers Market Summarecon Mall Serpong, deh! Mumpung masih harga promo dari 1,5jt menjadi 945rb sampai dengan tanggal 2 Oktober 2022.

Buibu jadi pengin ajak suaminya juga nggak, siiih? LOL.

Semoga review produk baru dari Polytron ini bisa mencerahkan hari-hari kita yang biasanya sibuk dan repot selalu, ya. Saya sungguh berharap Buibu bisa survive menghadapi pekerjaan rumah yang nggak ada habisnya dan amat menantang. Rice Cooker Donabe, Tiara Pot Pro dan Flexible Air Fryer semoga bisa menjawab tantangan ini.

Selamat menutup hari ini dengan penuh rasa syukur. Selamat istirahat, Buibu semua… ❤️

Author

dzul_rahmat@yahoo.com
Mindful Parenting Blogger || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

September 29, 2022 at 9:41 pm

Iya ih aku mau banget punya Tiara Pot, kebayang banget kalau Ramadan, ini buat sahur tinggal cetrak cetrek aja, mau buka puasa juga ga ribet, mau lebaran apa lagi, gampang banget masak perdagingan, semoga rezekinya punya Tiara Pot Pro dari Polytron, mau ngajuin proposal juga ah ke bapake anak2



September 30, 2022 at 9:53 am

aku ngakak di bagian kl abis masak, berapa banyak perabot yg mesti dicuci… ini bener banget… Setiap kali mau bikin apa, trus inget perkakas yg mengantri manis utk dibersihkan… Nah, kl pakai rice cooker aja bisa bikin pancake… worth it to buy banget



September 30, 2022 at 6:29 pm

Kapan sih acara memasaknya ke Bandung juga? Seru banget baca liputannya, apalagi liat live cooking langsung dari chef ya



October 1, 2022 at 5:09 am

banyak juga ya mbaa pilihan peralatan masak dari Polytron yang bisa membuat hidup kita makin nyaman. Boleh deh bawa pukang semuanya hahahaha.. Aku juga suba buat kue di rice cooker btw.. lumayan juga jadinya



October 1, 2022 at 11:57 am

Yang kebayang adalah masak praktis dengan menu variatif setiap hari menggunakan Tiara Pot Pro.
Adakah list menu yang bisa dimasak menggunakan alat Tiara Pot Pro ini?
Aku jadi super penasaran juga, kak.. hehhe, paling hobi banget masak praktis dengan satu alat masak yang jadi andalan.



    October 1, 2022 at 8:19 pm

    List khusus nggak ada, tapi kalau lihat dari spesifikasinya ini bisa macam-macam banget, sih. Mulai dari masakan yang dikusus, sampai presto. Bahkan alat ini bisa bikin yoghurt juga, lho!



October 1, 2022 at 4:26 pm

Wih ini serasa para ibu dimanjakan sama polytron ya mbak. Dibuatkan produk yang membantu proses masak memasak di rumah. Saya mau tunjukin tulisan ini ke suami ah, buat proposal supaya diijinin beli Tiara pot pro



October 1, 2022 at 5:03 pm

Lihat Speknnya Polytron Rice Cooker Donabe ini bukan sekedar rice cooker ya mbak. ehheee. Apalagi saat tau seberapa multifungsinya Polytron Tiara Pot Pro yang sepertinya wajib ada di rumah yang bikin masak jadi lebih praktis tentunya. ehehe. Mayan juga harganya, tapi alhamdulillah masih di bawah 1 juta nih mbak. Sepertinya proposalnya bakalan di acc sama papanya anak-anak mbak, nih hehee



October 1, 2022 at 5:44 pm

Alhamdulillah ketemu Efa yang cantik dan lucu. Yeaaay setelah terakhir ketemu 2020 ya sebelum pandemi

Proposal diajukan juga nih ke pak suami tapi dia bilang nanti bayar listrik mahal :(



October 1, 2022 at 6:47 pm

Wah, senangnya bisa belajar langsung dari chef
Apalagi bisa masak sama Rice Cooker Donabe, Tiara Pot Pro dan Flexible Air Fryer
Memasak jadi lebih mudah



    October 1, 2022 at 8:16 pm

    Alhamdulillah, kesempatan langka bisa belajar masak langsung sama Chef Steby. Secara, ya, dia itu sekarang famous banget, sibuuuk tiap hari. Tapi masih sempat ngajarin Emak-emak masak.



October 1, 2022 at 7:54 pm

Ya ampuuun, Mak. Racun banget ini, jadi pengen punya kan. Pengen bikin nasi hainan, nasi kebuli, praktis banget pake ini



October 1, 2022 at 9:00 pm

Asli mupeng saya juga dengan Tiara Pot Pro yang memiliki 12 fungsi mode memasak. makin praktis saja nih di dapur kalau punya pot pro ini ya…



October 1, 2022 at 9:39 pm

Semoga proposal Tiara Pot Pro disetujui pak suami ya, Mak. Dengan adanya Tiara Pot Pro, urusan masak pagi2 pasti lebih lancar deh.😃



October 2, 2022 at 12:01 am

seneng ya mbak belajar masak langsung dengan ahlinya. Apalagi masaknya juga dengan peralatan dapur yang praktis begini. beneran bikin kepingin punya itu Tiarapot dan ricecookernya mbak. masak pasti menjadi lebih menyenangkan



October 2, 2022 at 7:36 pm

Kepingin punya aku Tiara Pot Pro watt juga rendah harganya lumayan murah dibandingkan dengan yg lain… Lebih praktis dan hemat waktu masak pake ini ya .. hasil masakan juga enakkk



October 3, 2022 at 11:52 pm

Kayanya perlu nabung buat beli Tiara Pot Pro dari Polytron ini deh Mak. Output masakan yang dihasilkan bisa macem-macem dan nggak perlu waktu yang terlalu lama untuk mengolahnya :))



October 5, 2022 at 7:57 am

Rice cooker idaman banget ini, tunggu harga diskonnya di 10.10 ada gak yah? Jadi pengen beli



October 6, 2022 at 8:36 am

Walaaah, Polytron ngeluarin ini? Jadi pengen punyaaa. Pengen juga praktikin resepnya Chef Steby….



October 6, 2022 at 9:01 am

Aku naksir banget sama Tiara Pot Pro, mumpung bulan Oktober mau ultah nih, sapa tahu ada yg mau ngasih kado Tiara Pot Pro aja, beneran deh, hahaha



October 6, 2022 at 9:25 am

Wah, ini cocok buat jadi gift pernikahan ini mah Mba Ef. Mengingat teman aku ada yg nikah katanya butuh alat presto hahaha.



October 6, 2022 at 10:00 am

Kek nya gak hanya buibu deh mba Ef, daku sebagai anak kosyan juga sepertinya harus boyong peralat tempuran dapur itu hehehe soalnya bikin hidup jadi lebih mudah gak sih? ;)



October 6, 2022 at 10:09 am

Para Mama Mama pasti bahagia kalo di kasih kado ini 🤭😅



October 6, 2022 at 10:14 am

Wah bisa presto juga ya mba, dan jauh lebih aman penting nih. Soalnya aku pernah buka presto di alat lain entah apa yg salah eh jd muncrat dalemnya, alhasil kena luka bakar yg lumayan 😅



    October 17, 2022 at 1:16 pm

    Nah itu, Mbak, aku juga ngeri sama alat presto karena sering dengar cerita seperti Mbak Nia. Kalau pakai Tiara Pot itu ada tuas uapnya yang bisa diatur biar uapnya keluar dulu sampai habis, baru setelah itu kita buka potnya.



Bunda Tika
October 6, 2022 at 5:01 pm

Terimakasih info nya sungguh2 manfaat sekali mom… Buibu bisa langsung rajin masak nih… apalgi musim hujan gini….godaannya goyang lidah teruuusss..😀😀



October 7, 2022 at 9:14 am

Sungguh trik mengajukan proposal yang super kreatif kaka, auto nyontek cara nya nih, wkwkwk
Lah aku juga kepengen soalnya



Vida Adisti
October 9, 2022 at 8:49 pm

Mom kayaknya aku harus ikut jejakmu deh rajin ikut cooking class biar ciamik masaknya. Secara aku gak bisa masak 😂 cuman bisa makan karena cuma ada 2 rasa di lidahku, enak sama enak banget 🤣 sukses ya mom terimakasih sudah menginspirasi ku untuk semangat belajar masak 💪



October 13, 2022 at 7:44 am

Polytron merambah ke elektronik memasak ya, keren nih. Pengen banget punya air fryer nya dan tentu si Tiara POt nya juga dong. Beneran bikin masak bisa sat set ya, lebih mudah



October 14, 2022 at 10:32 pm

Aku jg naksir berat sama Tiarapot. Udah nggak pake nyupir perabot gedai kan. Ku pun klo smangat nyuci piring klo yg wajan2 gitu malas. Eh rajin deh klo di rumah ibuuk 😆 smangat perbekalan yaaa kitaa



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Foto Bareng Lee Seung Gi

October 17, 2022