fbpx
scanner untuk kantor
Techno

Memilih Vendor Laptop dan Scanner untuk Kantor

Waktu beberes rumah dan menemukan buku catatan bertahun-tahun lalu, saya jadi nostalgia. Catatan yang saya buat saat masih menjadi pegawai kantoran menunjukkan betapa sibuknya saya kala itu. Terutama ketika ada project pembukaan restoran baru, bisa-bisa lembur setiap hari demi memastikan semua barang sudah dipesan dan diantar secara bertahap ke outlet baru. Baik peralatan untuk restoran maupun peralatan elektronik seperti laptop, printer dan scanner untuk kantor administrasi.

Dibandingkan peralatan restoran yang complicated, banyak jenis, warna dan ukuran, saya rasanya lebih suka membeli peralatan kantor. Soalnya dari awal saya kerja di perusahaan tersebut, vendornya belum pernah ganti. Jadi lebih enak komunikasinya. Dan kalau secara teknis ada masalah, saya bisa langsung telpon ke owner-nya, minta dikirim orang buat beresin. Haha, maafkan agak bossy.

Tapi memilih vendor elektronik kantor memang penting, sih. Supaya kalau ada apa-apa kita bisa tahu harus hubungi ke mana. Syukur-syukur kalau punya kenalan vendor yang fast respons dan bisa kasih solusi terbaik. Jadi kalau ada kendala, bisa lebih tenang karena tahu akan ada yang bantuin.

Mungkin ada yang lagi cari elektronik kantor, sedang mempertimbangkan beli lewat toko online yang mana? Boleh dibaca tips berikut ini, ya.

Mencatat Kebutuhan Kantor

Sebelum mencari vendor, sebaiknya dicatat terlebih dahulu sebenarnya kantor kamu butuhnya elektronik apa saja. Biasanya komputer atau laptop, printer, scanner, modem dan router beserta jaringan untuk koneksi internet.

Setelah itu dikembangkan lagi dengan spesifikasi. Apakah laptopnya untuk kebutuhan administrasi saja, atau justru spesifikasi tinggi karena harus menggunakan aplikasi atau program tertentu?

Laptop HP 240 G8 Notebook PC

Kamu bisa pertimbangkan untuk membeli laptop HP ProBook 430 G8 Notebook PC sebagai inventaris kantor yang bukan bukan cuma powerful tapi juga memiliki desain yang modern. Sehingga pastinya akan mengangkat nama baik perusahaan tempat kamu bekerja juga.

Laptop dengan ukuran layar 13,3 inchi ini dilengkapi dengan Intel® Evo™ platform 11th Gen Intel® Core™ i5 processor. Sehingga performanya pasti sip banget nih untuk pekerjaan kantor yang biasanya sih nggak ada habis-habisnya. Perlu software khusus untuk kerja, zoom meeting dengan tim atau klien, mau kerja sambil dengar musik, bisa-bisa aja.

laptop hp untuk kantor

Selain bentuknya yang ramping, bobot cuma 1,28kg, baterainya pun awet. Jadi kalau lagi ada tugas atau meeting di luar kantor, laptop ini bisa banget diandalkan. Sudah gitu, ada Wi-fi 6 dengan kecepatan gigabit memungkinkan untuk koneksi internet cepat, meski berada di tengah-tengah lingkungan nirkabel yang super padat.

Keyboard-nya didesain dengan tombol kubah karet, Gengs. Jadi kalau dipakai ngetik suaranya nggak gengges. Bayangin aja kalau kamu lagi kerja di cafe atau working space, kerjaan sudah deadline, ngetik harus buru-buru, bakal kayak gimana riuhnya kan? Bisa ganggu ketenangan orang lain di sekitar situ yang mungkin mereka pun sama kayak kamu lagi kerja juga. Dengan keyboard cakep punyanya HP ProBook 430 G8 Notebook PC semua itu bisa diminimalisir.

HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner

Banyak yang suka bingung antara pilih scanner yang jadi satu dengan printer atau pilih yang terpisah. Ini juga tergantung dengan kebutuhan, ya. Kalau di kantor aktivitas mengeprintnya tinggi, tapi untuk scan dokumen cuma kadang-kadang saja, bisa beli yang printer sekaligus scanner.

Sementara di kantor yang kebutuhan ngeprint dan scan sama-sama tinggi, bisa beli kedua alat yang berbeda atau terpisah antara printer dengan scanner. Supaya pekerjaannya nggak saling menghambat satu sama lain.

Scanner untuk kantor macam-macam banget jenisnya. Kalau dari keluarga HP (biar sama dengan laptopnya) ada HP ScanJet Pro 2500 f1 Flatbed Scanner yang punya kemampuan untuk scan dua sisi kertas, dengan kecepatan hingga 40 gambar per menit. Metode scan-nya bisa dengan flatbed, yaitu dengan meletakkan kertas atau dokumen di atas kaca scan. Satu lagi bisa dengan ADF, yaitu memasukkan dokumen melalui roller sehingga bisa scan banyak dokumen sekaligus.

scanner untuk kantor

Yang bikin hemat waktu, selain memang proses scan-nya cepat banget, alat ini juga nggak perlu pakai pemanasan lagi. Atau bisa langsung dipakai seketika setelah dinyalakan. Area scan mencapai ukuran 21.6 cm x 309.9 cm, lebih besar dari ukuran kertas A4. Resolusi scannya tajam bisa sampai 1200 dpi, jadi kalau hasilnya mau diedit-edit pun bisa banget, ya.

Memilih Vendor Elektronik Kantor

Kalau sudah dicatat kebutuhannya dan sudah intip-intip juga hardware yang sekiranya cocok sama kebutuhan tersebut, sekarang saatnya mencari vendor.

Kita dipermudah oleh teknologi untuk membeli apa pun itu, termasuk peralatan elektronik, secara online. Harga produk sering kali menjadi pertimbangan sebelum membeli. Tetapi untuk kebutuhan IT pilihlah vendor yang bisa menjawab atau memberikan solusi dari kebutuhan yang sudah dibuat list-nya tadi. Supaya bisa konsultasi dulu, apakah perangkat yang kita incar memang bisa mendukung pekerjaan dengan maksimal.

Coba hubungi vendor yang sudah pernah bekerja sama, atau ada toko langganan yang pelayanannya bagus. Supaya setelah transaksi nanti tetap ada layanan purna jual.

Kalau mau yang aman, sekalian saja beli di vendor IT yang sudah dipercaya oleh LKKP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Seperti Solusi Arya Prima yang dipercaya untuk memenuhi kebutuhan pengadaan barang elektronik kantor pemerintahan dan industri bisnis lainnya. Kantornya pusatnya ada Kota Semarang, Jawa Tengah. Tapi saat ini sudah banyak cabangnya di kota-kota besar Indonesia, termasuk Jakarta dan Bekasi.

Nah, produk laptop dan scanner untuk kantor merek HP yang sudah saya bahas di atas merupakan salah satu brand yang tersedia di Solusi Arya Prima ini. Layanannya lengkap mulai dari layanan pembelian, pengiriman, retur, hingga layanan teknis.

Okay, semoga sudah nggak bingung lagi, ya, mau pilih perangkat IT yang gimana dan belinya di mana.

Ngomongin perangkat elektronik untuk kantor, jadi kangen nih mau ngantor lagi. Semoga bisa bisa punya kantor sendiri suatu hari nanti. Aamiin.

Baca juga : Tips Pindahan Kantor

Author

dzul_rahmat@yahoo.com
Mindful Parenting Blogger || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *